7 Wisata Rafting Terbaik di Pulau Jawa

7 Wisata Rafting Terbaik di Pulau Jawa


Apakah kamu mempunyai nyali yang besar untuk mencoba wisata olahraga yang akan membuat liburanmu tidak hanya sekedar relaksasi? Mencoba untuk berwisata rafting. Wisata seru, mengarungi sungai, menantang deras nya arus sungai, melewati tantangan bebatuan kali yang menghadang, mengayuh dayung sebagai alat pertahanan serta mengenakan perlengkapan rafting yang lengkap. 

Berikut merupakan beberapa titik yang dapat menyalurkan hobby untuk berolahraga di Jawa.

1. Sungai Serayu, Jawa Tengah
Lokasi ini pernah dijadikan lokasi untuk kejuaraan lomba rafting International pada Tahun 2013. Terletak di Kabupaten Banjarnegara, kota kecil serta eksotik yang menawarkan suasana alami pedesaan. Tingkat kesulitan sungai Serayu mulai dari grade 2-5. 

2. Sungai Citarik, Jawa Barat
Sungai Citarik berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun yang tersohor serta menjadi destinasi favorit para wisatawan petualangan di Jawa Barat. Tidak perlu khawatir karena belum terbiasa dengan wisata alam satu ini. Di sungai Citarik ini tersedia berbagai tingkat kesulitan mulai dari pemula sampai ke taraf profesional. 

3. Sungai Kaliwatu, Jawa Timur
Suasana sejuk di Malang menciptakan sensasi double untuk peserta rafting. Derasnya sungai Brantas yang dingin dan berbatu, juga tebing-tebing di bagian sisinya membuat kamu semakin haus serta semakin bersemangat untuk menyelesaikan tantangan ini sampai ke garis finish. Tak hanya perahu karet yang dapat diisi hingga 7 orang disini juga menyediakan perahu bundar berbentuk donat. 

4. Sungai Pacet Kromong di Mojokerto, Jawa Timur
Meskipun sepanjang sungai hampir 90% dipenuhi jeram, tetapi sungai dengan grade 2-3 ini sangat cocok untuk dicoba pemula yang ingin mencoba serunya berpetualang menyusuri lekuk-lekuk sungai.

5. Sungai Pekalen, Jawa Timur
Kelebihan dari rafting Pekalen ini yaitu wisata alam yang akan dilewati berupa deretan gua-gua kelelawar serta air terjun. Sungai Pekalen ber-grade 5 ini disebut sebagai sungai yang paling ganas untuk pecita rafting, sebab arusnya sangat kuat dan deras. 

6. Sungai Kasembon, Jawa Timur
Terletak di Kota Malang, pastinya wisata rafting Kasembon ini tidak boleh dilewatkan untuk pecinta olahraga rafting saat di Malang. Untuk mencapai starting point, tidak perlu melakukan trekking yang menguras tenaga. Sebab jarak basecamp tidak jauh. Selain itu, pemandangan alam pedesaan, gundukan-gundukan pegunungan serta hamparan sejuknya padi dapat menjadi pemandangan sempurna yang akan menyegarkan mata serta pikiran. Terlebih lagi apabila kamu dapat menikmati indahnya matahari terbenam setelah mengarungi sungai ini. 

7. Sungai Palayangan Pangelangan, Jawa Barat
Terletak 45 km di selatan kota Bandung, sungai Palayangan Pangelangan menjadi surganya para pecinta rafting. Arusnya deras serta lebih cocok bagi pecinta rafting senior. Tetapi jika pemula ingin menguji tantagan ini, berhati-hati serta ikuti aturan dengan baik. Sekeliling sungai mempunyai panorama bagus yang dikelilingi pohon pinus. 


Berikut diatas merupakan beberapa referensi wisata rafting yang dapat kamu coba untuk menguji adrenalin kalian.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel