5 Referensi Surganya Belanja Batik di Solo

5 Referensi Surganya Belanja Batik Solo


Spot wisata belanja menjadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika berwisata ke suatu kota. Di spot wisata belanja, Anda dapat memperoleh souvenir untuk oleh-oleh dan juga mendapatkan produk-produk asli dari daerah tersebut. Saat berwisata ke kota Solo dengan menyewa mobil Solo. Anda wajib mengunjungi spot wisata  di kota ini. Kota Solo dikenal dengan batiknya.
Berikut merupakan spot-spot wisata belanja batik Solo

1. Pasar Klewer
Pasar Klewer identik dengan Kota Solo. Sampai-sampai banyak orang yang tidak mengetahui bahwa kota ini sesungguhnya mempunyai beberapa spot wisata belanja batik selain Pasar Klewer. Pasar Klewer sendri sesungguhnya tidak hanya menyediakan batik namun berbagai kebutuhan tekstil lainnya. Pasar ini letaknya bersebelahan dengan Keraton Surakarta sehingga  setelah mengunjungi Keraton, Anda dapat langsung mampir ke pasar ini.
Pasar Klewer tak hanya menjadi rujukan belanja batik untuk para pelancong tetapi juga bagi para pedagang dari berbagai daerah. Oleh karena itu apabilan Anda ingin berwisata sekaligus ingin berbisnis batik, maka Pasar Klewer menjadi tempat yang wajib dikunjungi. 


2. Kampung Batik Kauman
Berbeda dengan Pasar Klewer yang menjual berbagai jenis batik, Kampung Batik Kauman ini menawarkan produk batik yang khas dan menjadi unggulan di kampung ini yaitu batik tulis bermotif pakem yang dipengaruhi seni batik dari Keraton Kasunanan. Seni batik dikampung ini terdiri dari tiga bentuk yaitu batik murni cap, batik klasik motif pakem atau batik tulis serta batik perpaduan antara batik tulis dan batik cap.
Di Kampung Batik Kauman ini tidak kurang dari 30-an pengrajin batik yang berkembang dan berkarya sampai saat ini. Tidak hanya dapat membeli kain batik saja, para pelancong juga dapat melihat langsung kegiatan membatik. Suasana di kampung tersebut sangat kental nuansa sejarah dengan bangunan-bangunan rumah joglo, limasan, arsitektur Jawa serta arsitektur kolonial yag masih begitu kental. 


3. Kampung Batik Laweyan
Nama Laweyan sendiri berasal dari kata Lawe. Lawe mengandung makna serat-serat kapas halus yang digunakan untuk pembuatan kain mori yang menjadi bahan kain pada pembuata batik. Di kampung ini, Anda bisa mendapatkan batik mulai dari harga 50 an ribu sampai dengan ratusan ribu serta batik dari bahan kain mori sampai batik berbahan kain sutera yang eksklusif. Seperti halnya di Kampung Batik Kauman, di Kampung Batik Laweyan ini para pelancong tidak hanya dapat membeli batik saja tetapi juga dapat melihat proses pembuatan batik hingga belajar membatik. Suasananya pun sangat khas berupa bangunan-bangunan, lorong-lorong dan tembok-tembok yang tinggi. 


4. Lumbung Batik Solo
Lumbung Batik Solo atau yang lebih lengkapnya Lumbung Batik Pamong Pengusaha Batik Surakarta (PPBS) tergolong sebagai tempat berbelanja batik yang paling baru di Solo. Tempat ini berdiri tahun 2010 tetapi telah menjadi tujuan favorit berbelanja batik. Lumbung Batik Solo menjadi tempat bagi berkumpulnya tidak kurang dari 43 pengrajin batik di kota Solo. 


5. Pusat Grosir Solo
Pusat Grosir Solo atau yang biasa disebut dengan PGS menempati gedung bertingkat yang modern sehingga memberikan suasana belanja batik yang sangat berbeda apabila dibandingkan dengan di Pasar Klewer ataupun di kampung-kampung Batik. Gedung yang terdiri dari lima lantai ini dilengkapi dengan escalator dan lift sehingga membuat para pelancong merasa nyaman. 


Diatas adalah referensi belanja batik Solo, Solo surganya belanja batik Solo

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel